12 Manfaat Buah dan Sayur untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

4 min read

Manfaat buah dan sayur untuk kesehatan

Mengkonsumsi buah dan sayur dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, hal tersebut sudah terbukti dan disepakati oleh setiap orang. Sehingga terdapat beberapa manfaat buah dan sayur untuk kesehatan jika dikonsumi secara secara rutin dan teratur.

Lalu apa manfaat makan buah dalam jumlah cukup jika dikonsumsi secara rutiin setiap harinya?

1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

manfaat buah dan sayur mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Dalam  sebuah penelitian yang diikuti oleh 469.551 peserta menemukan bahwa terjadi penurunan resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular yang dikaitkan dengan konsumsi buah dan sayur.

Pada penelitian tersebut menyebutkan bahwa manusia yang setiap harinya menambah porsi buah dan sayur setiap hari, resiko munculnya penyakit kardiovaskular akan menurun hingga mencapai 4% setiap porsi yang ditambah.

Selain itu, ada penelitian besar lainnya yang dilakukan di Harvard. Dalam penelitian tersebut diikuti oleh hampir 110.000 pria dan wanita yang diikuti kebiasaan dietnya selama 14 tahun.

Hasil dari penelitian tersebut menujukkan bahwa asupan buah dan sayur yang semakin tinggi setiap harinya dapat mengurangi resiko munculnya penyakit kardiovaskular.

Kelompok orang yang mengkonsumsi delapan porsi sayur dan buah setiap harinya terjadi penurunan resiko penyakit jantung dan stroke mencapai 30%. Sedangkan kelompok yang hanya mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak lima porsi sehari turun resiko penyakit jantung dan stroke sampai 20%.

Sumber: Research About Hearth Desease & Stroke

Beberapa sayuran yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke adalah sayuran yang mempunyai daun hjau, seperti bayam, sawi, dan selada. Sedangkan beberapa buah yang dapat berkontribusi dalam kesehatan jantung seperti limau, jeruk manis, lemon, dan jeruk bali.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

manfaat buah dan sayur untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah dan sayur-sayuran dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan bahkan membantu penyembuhan panyakit pencernaan pada manusia.

Pada umumnya, hampir semua buah yang ada mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh. Sehingga nutrisi tersebut dapat memberikan manfaat bagi tubuh yang tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa masalah pencernaan yang umum terjadi pada manusia misalnya sakit perut, diare, sembelit, perut kembung, sembelit dan sebagainya. Masalah pencernaan tersebut dapat diakibatkan oleh banyak hal salah satunya tidak sehatnya pola makan.

Ada dua zat yang berperan penting dalam melancarkan kesehatan pencernaan yaitu serat dan probiotik. Beberapa buah-buahan banyak diketahui mengandung kedua zat ini (serat dan probiotik), misalnya apel, alpukat, papaya, bit, pisang, aprikot dan lain sebagainya.

Selain buah, sayur merupakan salah satu komponen penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, hal tersebut karena sayur disebut sebagai sumber serat yang baik untuk tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi makanan kaya akan serat dapat menurunkan resiko munculnya penyakit pecernaan, misalnya kanker usus besar.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

manfaat buah dan sayur untuk Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel secara abnormal dan tidak terkendali didalam tubuh. Sehingga dapat merusak sel yang normal lainnya didalam tubuh manusia.

Maka dari itu penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita agar tidak terhindar dari penyakit tersebut, diantaranya adalah dengan rutin mengkonsumi makanan yang dapat mengurangi resikonya.

Dikutip dari laman SehatQ.com bahwa kanker dapat dikurangi resikonya dengan konsumsi beberapa jenis makanan salah satunya buah dan sayur.

Beberapa sayur yang dapat mengurangi resiko penyakit kanker contohnya sayuran cruciferous, tomat dan wortel. Cruciferous disebut mengandung sulforaphane yang dapat memperkecil ukuran tumor hingga mencapai lebih dari 50%.

Berikut beberapa sayuran berjenis cruciferous yaitu kembang kol, brokoli, dan kubis. Selain itu tomat dan wortel juga dapat bermanfaat sebagai pencegah penyakit kanker dan mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru dan kanker prostat.

Selain sayur, ada juga beberapa buah-buahan yang bermanfaat bagi pencegahan kanker karena kaya akan antioksidan.

Beberapa buah-buahan yang kaya antioksidan misalnya jeruk nipis, lemon, strawberry dan sebagainya. Menurut AICR (American Institute for Cancer Research) ada beberapa buah lain yang berperan sebagai pencegah kanker yaitu cherry, apel, anggur, dan grapefruit.

4. Menurunkan Berat Badan

manfaat buah dan sayur menurunkan berat badan

Kandungan karbohidrat dan gula dapat menyebabkan terjadinya pelebaran pada pinggang jika dikonsumsi secara berlebih.

Dikutip dari Me’ns Health, ,Maggie Michalczyk mengatakan bahwa buah-buahan dapat membantu tubuh untuk menurunkan berat badan secara akurat, walaupun jumlah gulanya yang banyak.

Berikut beberapa buah yang terbukti dapat menurunkan berat badan yaitu nanas, semangka, buah pir, jeruk bali, alpukat, buah beri, mangga dan apel.

Selain ada juga sayur-sayuran yang dapat membuat turunnya resiko obesitas yaitu brokoli, jamur, wortel, bayam, labu, timun, dan kembang kol.

5. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat buah dan sayur untuk menjaga kesehatan mata

Buah dan sayur-sayuran dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu menjaga kesehatan mata buah dan sayur dapat melindungi mata dari penyakit seperti rabun dan katarak.

Baca juga: Apa itu Kesehatan?

Manfaat tersebut didapatkan karena beberapa buah dan sayur mengandung berbagai zat vitamin, mineral dan lainnya yang penting bagi kesehatan mata diantaranya vitamin A, B6 dan Karoten, kalsium, fosfor, dan serat.

Berikut beberapa jenis sayuran dan buah yang dapat melindungi kesehatan mata yaitu wortel, bayam, brokoli, avokad, mangga, pisang, dan ubi jalar.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

manfaat buah dan sayur untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah kondisi yang tak boleh diabaikan oleh setiap orang. Kondisi ini terjadi saat tekanan darah sistolik dan diastolic mencapai lebih dari 120mmHg dan 80mmHg.

Jika dibiarkan sampai parah, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kompilikasi kesehatan yang jauh lebih parah. Sehingga penting bagi kita untuk mencari cara mengurang resiko penyakit tersebut, salah satunya dengan konsumsi makanan yang dipercaya dapat membantu penurunan resikonya.

Salah satunya adalah sayur dan buah. Sayur-sayuran hijau dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal tersebut karena didalam sayur hijau mengandung potassium yang membantu ginjal dalam mengeluarkan lebih banyak sodium lewat urin. Sehingga dapat berefek dalam penurunan resiko darah tinggi.

Sayuran Penurun Resiko Darah Tinggi

Berikut beberapa sayuran penurun darah tinggi yang mengandung potassium tinggi, yaitu:

  1. Kubis
  2. Selada
  3. Lobak Hijau
  4. Bit Hijau
  5. Bayam
  6. Arugula
  7. Sawi

Buah-Buahan Penurun Resiko Darah Tinggi

  1. Pisang
  2. Beri
  3. Kiwi
  4. Semangka

7. Mencegah Diabetes

manfaat buah dan sayur untuk mencegah diabetes

Sayur dan buah juga dipercaya dapat menurunkan gula darah dalam tubuh penyebab penyakit diabetes. Dalam penyembuhan diabetes biasanya diikuti oleh pola makan khusus yang biasa disebut nutrisi medis.

Penderita diabetes dianjurkan untuk banyak konsumsi makanan bergizi yang mengandung lemak dan kalori yang rendah. Hal tersebut dilakukan agar gula darah mereka dapat terkontrol sehingga mengurangi resiko peningkatan penyakit diabetes.

Makanan berupa sayuran yang dapat mencegah penyakit diabetes misalnya rebusan bayam dan brokoli. Sedangkan buah-buahan yang dapat mencegah diabetes misalnya apel, jeruk, alpukat dan pir.

8. Meningkatkan Asupan Gizi

manfaat buah dan sayur untuk meningkatkan asupan gizi

Sayur dan buah banyak mengandung berbagai zat seperti vitamin, zat besi, serat dan nutrisi. Beberapa zat yang telah disebutkan tersebut dapat mencukupi kebutuhan gizi kita.

Sebagai contoh buah wortel yang kaya akan vitamin A dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, stroberi mengandung vitamin C untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan bayam mengandung zat besi dapat mencegah anemia.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat buah dan sayur meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa buah-buahan yang memiliki warna cerah dan terang mengandung banyak antioksidan, mineral dan vitamin yang dapat memberikan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Apabila sistem kekebalan dalam tubuh kita sudah dibangun dengan baik, maka tubuh kita akan terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dari Berbagai Penyakit

Beberapa jenis buah dan sayur yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh adalah lemon, jeruk, paprika, cabai, kiwi, mangga, stroberi, dan jambu.

10. Meningkatkan Daya Ingat

manfaat buah dan sayur untuk meningkatkan daya ingat

Daya ingat otak merupakan hal yang sangat penting, sehingga kita perlu untuk selalu menjaga agar daya ingat otak semakin meningkat. Salah satunya adalah dengan berlatih mengigat dan konsumsi sesuatu yang baik untuk otak. Buah dan sayur misalnya.

Terdapat beberapa jenis buah mampu meningkatkan daya ingat yaitu alpukat, apel, bit, jeruk, blueberry, dan bit.

11. Menurunkan Resiko Kolesterol

manfaat buah dan sayur menurunkan resiko kolesterol

Pada umumnya tubuh manusia membutuhkan kadar kolesterol yang cukup, apabila kadarnya terlampau lebih maka dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah oleh plak.

Penyumbatan pembuluh darah tersebut dapat meningkatkan resiko munculnya penyait kronis seperti jantung dan stroke.

Sehingga diperlukan konsumsi makan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut, salah satunya adalah buah dan sayur.

Makanan dari golongan buah yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol yaitu pisang, sedangkan makanan dari golongan sayurnya misalnya bayam dan kangkung.

12. Sebagai Sumber Energi Tubuh

manfaat buah dan sayur sebagai sumber energi tubuh

Buah-buahan dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral dan serat. Sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energi yang bermanfaat bagi tubuh.

Diantara buah-buahan yang dapat meningkatkan energi tubuh yaitu jeruk, apel, pisang, bluberry, stroberi, dan alpukat. Sedangkan sayuran yang dapat meningkatkan energi tubuh adalah sayuran daun hijau seperti bayam dan kangkung.

Dari berbagai uraian diatas dapat kita pahami bahwa dengan mengonsumsi buah dan sayur sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Demikian penjelesan mengenai Manfaat buah dan sayur untuk kesehatan yang dapat kita terapkan . Semoga dapat bermanfaat, bagikan ya agar dapat memberikan manfaat untuk yang lainnya.