Cara Menjaga Kesehatan Tubuh dari Berbagai Penyakit

2 min read

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting, salah satu tujuannya adalah agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh:

[joli-toc]

1. Mengkosumsi Sayuran dan Buah-Buahan

gambar Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan merupakan jenis makanan yang kaya akan berbagai jenis vitamin. Vitamin yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu tubuh dalam menjaga berat badan.

Baca juga: 12 Manfaat Buah dan Sayur untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Selain itu sayur dan buah-buahan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga sayuran dan buah-buahan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dari penyakit.

Beberapa sayuran yang dapat Anda konsumsi seperti brokoli, wortel, kembang kol dan sebagainya. Sedangkan buah-buahan sehat yang dapat Anda konsumsi misalnya pisang, jeruk, apel dan lain sebagainya.

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah dapat membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan, sehingga tubuh akan mudah terhindar dari penyakit.

2. Istirahat yang Cukup

Gambar bayi sedang tidur

Seperti halnya mengkonsumsi buah dan sayur, istirahat yang cukup juga dapat membantu tubuh dalam membangun antibodi.

Antibodi tersebut digunakan oleh tubuh untuk melawan berbagai penyakit yang hendak menyerang tubuh. Sehingga akan membantu manusia dalam menjaga kesehatan tubuh dari penyakit.

Waktu tidur yang ideal menurut penelitian adalah minimal 7-9 jam pada waktu malam hari kurang lebih selama dua minggu. (How Many Hours of Sleep Do You Need)

Teraturnya pola istirahat seperti tidur ini dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal dari virus, bakteri dan kuman.

3. Kontrol Setres dengan Baik

gambar orang sedang setres

Bukan hal yang asing untuk diketahui bahwa stress dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Sistem kekebalan yang lemah tersebut dapat membuat penyakit dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh.

Setres mempunyai hormon yang biasa disebut dengan hormon kortisol. Biasanya saat sedang setres, seseorang akan banyak memproduksi hormon yang satu ini.

Tahukah Anda, bahwa hormon yang satu ini dapat berperan penting dalam melawan berbagai penyakit yang muncul akibat setres.Pelepasan hormon kortisol merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.

Sehingga penting bagi kita untuk melepaskan hormon tersebut secara konstan. Bagi orang yang sedang mengalami setres, pelepasan hormon ini dapat mengurangi resiko peradangan dan penyakit.

4. Rutin Minum Air Putih

Rutin Minum Air Putih

Tahukah Anda, bahwa manfaat dari minum air putih tidak bisa dianggap remeh. Umumnya air putih dapat membantu tubuh dari kekurangan cairan (dehidrasi).

Selain itu ada beberapa manfaat lain dari minum air putih diantaranya: menjaga kulit tetap segar, melindungi jaringan, saraf, otot dan sendi manusia.

Sehingga air putih dapat berperan penting dalam membantu tubuh dalam meningkatkan kesehatan dan melindungi dari resiko penyakit.

5. Menjaga Kebersihan

gambar ruang makan bersih

Lingkungan yang bersih akan mengurangi resiko munculnya berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih, dapat membantu tubuh agar terhindar dari penyakit. Selain itu bersihnya lingkungan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

6. Menjaga Pola Makan

Menjaga Pola Makan

Pola makan yang baik dan teratur dapat membantu tubuh dalam meningkatkan kesehatan. Kesehatan yang meningkat inilah yang dapat membuat kita terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untu menjaga pola makan:

  1. Mengunyah makanan perlahan
  2. Kurangi konsumsi fastfood
  3. Hindari minuman yang bersoda
  4. Jangan minum alcohol

Dengan menjaga pola makan kita, maka kita telah membantu tubuh dalam mengurangi resiko masuknya penyakit. Masuknya penyakit salah satunya disebabkan karena pola makan yang kurang baik dan tidak teratur.

7. Rutin Berolahraga

gambar orang lari

Olahraga yang rutin dan teratur seperti berjalan kaki dapat membuat tubuh menjadi bugar bahkan langsing.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan rutin berolahraga dapat mengurangi resiko peradangan dan penyakit kronis.

Selain itu olahraga juga dapat mengurangi setres dan mempercepat peredaran sel darah putih. Sel darah putih ini dapat berperan dalam melawan penyakit.

8. Konsumsi Vitamin D

gambar kuning telur

Vitamin D merupakan nutrisi yang berperan dalam pembentukan tulang dan menjaga kesehatan otak, jantung dan otot.

Mengkonsumsi vitamin D merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatna tubuh.

Tahukah Anda, bahwa vitamin D ini dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti kuning telur, ikan salmon, ikan tuna, hati sapi, jamur dan sebagainya.

Saat tubuh mengalami kekurangan kalsium maka kelenjar tiroid akan merangsang usus serta ginjal dalam pembentukan vitamin D. Vitamin D dapat digunakan tubuh untuk lebih banyak menyerap kalsium.

9. Sosialisasi dengan Orang Lain

gambar orang bersosialisasi

Seseorang yang merasa kesepian dapat beresiko mengalami setres dan depresi, maka untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi dibutuhkan sosialiasi.

Berosialisasi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit seperti penurunan kesehatan mental, depresi dan sebagainya.

Sehingga dengan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, tubuh Anda akan sembuh dari berbagai penyakit mental termasuk penyakit fisik seperti jantung.

10. Hindari Konsumsi Alkohol

gambar gelas alkohol

Alkohol dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan otak. Berdasarkan penelitian menggunakan PET (Positron Emission Tomography) disebutkan bahwa alcohol dapat melepaskan hormon endorphin secara berlebihan.

Salah satu dari bahaya konsumsi alcohol adalah meningkatknya resiko demensia. Demensia merupakan penyakit yang bisa membuat adanya perubahan cara berpikir dan interaksi dengan orang lain. Sehingga orang yang mengkonsumsi alkohol dapat dengan mudah kehilangan kesadaran.

Jadi, jaga kesehatan Anda dengan 10 cara menjaga kesehatan tubuh diatas, semoga Anda dan kita semua selalu diberikan kesehatan.