Ekologi – Pengertian, Ruang Lingkup, Jenis, dan Manfaat

4 min read

gambar ekologi

Istilah ekologi mungkin sudah tidak asing ditelinga kita, pengertian ekologi adalah suatu ilmu yang fokus mempelajari hubungan timbal balik yang terjadi antara organisme dengan lingkungannya.

Istilah ekologi mungkin sekllas hampir mirip ekosistem, akan tetapi keduanya berbeda loh, yuk sama-sama kita bahas.

Pengertian Ekologi

Ekologi adalah salah satu cabang ilmu dalam biologi yang mempelajari interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

Baca: Pengertian Biologi

Istilah yang satu iini memang kerap kali dianggap asing bagi sebagian orang, sehingga tidak sedikit orang-orang yang beranggapan bahwa istilah dari cabang ilmu sama seperti ekosistem. Namun pada kenyataannya keduanya berbeda.

Pada awalnya istilah ekologi pertama dikemukakan oleh Ernst Heinrich Philipp August Hackel yang merupakan ahli biologi berkebangsaan Jerman yang akrab disapa dengan sebutan Ernst Hackel.

Secara etimologi atau bahasa, kata ekologi diambil dari bahasa Yunani yakni oikos dan logos. Oikos sendri artinya habitat dan logos artinya ilmu. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa secara bahasa ekologi merupakan ilmu tentang habitat.

Sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antar setiap organisme, istilah yang satu ini mempunyai berbagai pengertian yang berbeda-beda.

Pengertian Ekologi menurut Para Ahli

pengertian ekologi menurut para ahli

Para ahli mempunyai berbagai pandangannya mengenai pengerrtian ekologi. Berikut pengertian ekologi menurut para ahli.

Ernst Hackel

Pengertian pertama datang dari bapak ekologi yaitu Ernst hackle, menurut Ernst Haeckel ekologi adalah suatu ilmu pengetahuan komprehensif mengenai berbagai hubungan setiap organisme dengan lingkungan tempat hidupnya.

C.J Krebs

C.J Krebs mengutarakan bahwa pengertian ekologi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang fokus mempelajari interaksi yang didalamnya menentukan distribusi dan kelimpahan organisme.

E.P Odum

Menurut E.P Odum (Eugene P. Odum) pada tahun 1963, ekologi merupakan ilmu yang didalamnya mempelajari mengenai struktur dan fungsi dari alam atau “The Study of The Structure and Function of Nature”.

Disebutkan didalam buku E.P Odum yang berjudul “Fundamentals of Ecology“.

Charles Elton

Menurut ilmuwan bernama Charles Elton, ekologi ialah sejarah alam yang bersifat ilmiah “Scientific Natural History”.

Elton

Elton berpendapat bahwa cabang llmu ini merupakan ilmu yang berisi kajian kehidupan alam yang dikaji secara ilmiah.

Ruang Lingkup Ekologi

ruang lingkup ekologi

Ruang lingkup ekologi sendiri menrcakup bebagai pengertian yang berkaitan dengan cakupan wilayah kerja pada ekologi, yaitu:

1. Individu

Individu adalah suatu satuan struktur yang didalamnya terbangun suatu kehidupan dalam bentuk makhluk hidup.

Baca: Klasifikasi Makhluk Hidup

Singkatnya, individu merupakan satu struktur makhluk hidup yang berperan dalam terbangunnya kehidupan. Misalnya sungai terdapat ikan, pohon, rumput, burung dan sebagainya.

2. Populasi

Populasi merupakan sekumpulan individu atau suatu spesies makhluk hidup yang mempunyai kesamaan antara satu sama lainnya.

Misalnya, populasi hewan, populasi tumbuhan, populasi manusia dan lain sebagainya.

3. Komunitas

Komunitas adalah suatu kelompok dari makluk hidup yang hidup secara bersama dalam satu tempat yang sama.

Sehingga didalamya terjadi interaksi antara makhluk hidup satu dengna lainnya dalam waktu dan tempat yang sama.

4. Ekosistem

Ekosistem merupakan kondisi dimana didalamnya terjadi berbagai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya.

Hal tersebut membuat makhluk hidup dan lingkungannya saling memiliki ketergantungan satu sama lain. Misalnya ekosistem laut dan ekosistem hutan.

5. Biosfer

Biosfer adalah tingkat organisasi terbesar dalam biologi, dimana didalamnya mencakup keseluruhan kehidupan yang ada di bumi. Biosfer mempunyai interaksi antara lingkungan fisik yang terjadi didalamnya.

Aspek dan Prinsip dalam Ekologi

Ekologi mempunyai berbagai aspek dan prinsip penting yang berkaitan dengan kehidupan. Berikut beberapa aspek dan prinsip dalam ekologi:

Aspek Utama Ekologi

Aspek penting atau aspek utama yang ada pada ekologi antara lain:

  1. Studi tentang fungsi alam dan strukturnya
  2. Studi tentang hubungan suatu organisme dengan lingkungannya

Prinsip Utama Ekologi

Ekologi mempunyai prinsip utama yang harus dijalankan didalamnya, yaitu:

  1. Interaksi (interaction)
  2. Saling bergantung (interdependence)
  3. Keanekaragaman (Diversity)
  4. Keharmonisan (Harmony)
  5. Kemampuan berkelanjutan (sustainability)

Jenis-Jenis Ekologi

Terdapat jenis-jenis ekologi yang harus kita kenali, yaitu:

1. Ekologi Laut

Ekologi laut adalah suatu studi yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan ekosistem dari air laut.

Sedangkan ekosistem air laut dapat dibedakan menjadi lima yaitu lautan, pantai, estuary, terumbu karang, dan padang lamun.

2. Ekologi Hutan

Ekologi hutan adalah suatu studi yang mempelajari mengenai interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Interaksi ekologi hutan ini sangatlah kuat dan kompleks, sehingga hal tersebut membuktikan kebenaran bahwa ekologi merupakan biologi lingkungan (Eviromentalbiology).

3. Ekologi Estuari

Estuari merupakan suatu tempat berkumpulnya sungai dan danau dalam waktu yang bersamaan. Estuari juga sering dibatasi oleh adanya lempengan lumpur intertidal yang cukup luas.

Salinitas air pada estuary dapat berubah secara bertahap dimulai dari daerah dengan air tawar menuju daerah air laut dan dipengaruhi oleh siklus harian dengan pasang surut airnya.

4. Ekologi Padang Lamun

Pada umumnya lamun akan membentuk padang didasar laut yang ukurannya sangat luas dan masih dapat dijangkau oleh cahaya dari matahari yang digunakan sebagai pemenuhan pertumbuhannya.

Habitat dari lamun sendiri adalah diperairan dangkal dan jernih dengan kedalaman berkisar 2-12m dengan sirkulasi air yang cukup baik.

Manfaat Ekologi

Ada beberapa manfaat ekologi bagi kehidupan manusia dan lingkugan hidupnya. Berikut beberapa manfaat dari ekologi:

1. Membantu Memahami Keanekaragaman Hayati

Ekologi dapat bermanfaat dalam memberikan pemahaman kepada manusia mengenai hubugan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Baca: Apa itu Keanekaragaman Hayati?

Salah satu contohnya adalah mengenai bagaimana tumbuhan kaktus dapat bertahan hidup pada lingkugan kering dengan suhu tinggi selama beberapa waktu.

2. Mengetahui Peranan Manusia terhadap Lingkugannya

Manfaat selanjutnya yaitu membuat manusia menjadi lebih paham mengenai peranannya terhadap lingkugan.

Misalnya produk DDT yang tujuannya adalah untuk memberantas hama, akan tetapi nyatanya dapat mencemari lingkungan beserta organisme didalamnya.

3. Memahami Perilaku Makhluk Hidup

Selain untuk mengetahui peranannya, ekologi juga membantu setiap makhluk hidup dalam memahami perilaku makhluk hidup yang lainnya.

Misalnya, cara manusia menentukan target atau lokasi dengan menggunakan sistem sonar pada kapal selam yang mempunyai kemiripan indra dengan kelelawar dan lumba-lumba.

4. Mengenali Peranan Manusia bagi Lingkungan

Diantara manfaat ekologi adalah untuk membuat manusia mengenal apa peranannya bagi lingkungan tempat hidupnya.

Misalnya produk DDT yang fungsinya adalah untuk memberantas hama akan tetapi nyatanya bisa membuat lingkungan manusia dan organisme lainnya menjadi tercemar.

5. Memastikan Ketersediaan Energi

Ekologi bermanfaat dalam membantu manusia dalam memastikan bahwa energi yang ada masih tersedia dan mampu untuk menunjang kehidupan. Sehingga manusia dapat menemukan solusi dari masalah energy yang ada.

Misalnya, energi surya yang digunakan sebagai energy alternatif dalam menghasilkan energi listrik.

6. Membantu Pemetaan Konsumsi Pangan

Ekologi dapat bermanfaat untuk membantu setiap manusia dalam memetakan konsumsi pangan, sehingga dapat diketahui struktur dan skala pangannya.

Misalnya, menemukan bahwa tumbuhan berperan sebagai produsen dan yang berperan sebagai konsumen tingkat 1 adalah hewan herbivora.

7. Memberi Solusi Masalah Kesehatan

Selain masalah energi, ekologi juga berperan penting dalam membantu manusia dalam memecahkan berbagai masalah seputar kesehatan.

Baca: Pengertian Kesehatan

Sehingga manusia dapat mengenali penyakit yang muncul. Setelah menemukan penyakitnya, maka manusia dapat mencari solusi dari masalah tersebut.

Misalnya, masalah demam berdarah oleh nyamuk Aedes Aegypti, salah satu cara penangannya adalah dengan  menguras dan membersihkan tempat penampungan air agar tidak dijadikan tempat nyamuk bertelur.

8. Memberi Solusi Masalah Pertanian

Makhluk hidup dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan tanah. Hal tersebut karena pada umumnya mikroorganisme dan tanaman membuat hubungan interaksi antar satu sama lain.

Tanaman membutuhkan ammonium dan nirat yang tidak bisa ia sintesis sendiri, melainkan diperoleh dari adanya interaksi mikroba seperti bakteri AOB (Ammonium Oxiding Bacteria) dan NOB (Nitrite Oxiding Bacteria).

Baca: Pengertian Archaebacteria dan Eubacteria

Demikian penjelasan mengenai pengertian ekologi, ruang lingkup, aspek, jenis, prinsip dan manfaat. Semoga bermanfaat.