Pengertian Biologi

4 min read

Pengertian Biologi

Pengertian Biologi – Biologi adalah sebuah kata yang sepertinya sudah tak asing lagi bagi kita, dimana kata tersebut kerap kali muncul di berbagai media baik media masa maupun cetak.
Pada kesempatan ini kita akan bahas pengertian biologi, baik pengertian secara umum maupun pengertian menurut para ahli.

Umumnya biologi sering bersanding dengan sebuah mata pelajaran sekolah sehingga disebut pelajaran biologi.

Biologi adalah suatu cabang ilmu yang penting dalam kehidupan, sehingga cabang ilmu yang satu ini banyak dipelajari oleh manusia. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan banyaknya orang yang tertarik untuk mendalami ilmu yang satu ini.

Sebelum paham mengenai biologi maka hal pertama yang paling penting adalah mengetahui pengertian biologi.

Pengertian dari biologi sendiri beranekaragam antara satu sama lain, sehingga mempunyai cakupan yang sangat luas. Hal tersebut karena biologi mempelajari berbagai aspek kehidupan yang bersifat hayati (hidup).

Bahkan sangking luasnya cakupan pengertian biologi, para ilmuan dan pakar biologi memberikan berbagai pendapatnya terkait apa itu ilmu biologi.

[joli-toc]

Pengertian Biologi secara Bahasa

Untuk dapat menemukan makna dari suatu kata, maka pertama yang harus lakukan adalah mencari sumber atau asal dari suatu kata tersebut.

Kata biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu gabungan dari dua suku kata, bios dan logos. Kedua suku kata tersebut (Bios dan Logos) mempunyai artian yang berbeda, bios artinya hidup sedangkan logos artinya ilmu pengetahuan.

Sehingga pengertian biologi secara bahasa adalah ilmu pengetahuan hidup, maksudnya ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sesuatu yang hidup.

Cabang ilmu yang satu ini mempelajari berbagai hal hidup yang ada didunia ini sehingga apapun yang memiliki sifat hidup, maka ia masuk ke dalam kajian biologi.

Secara umum segala sesuatu yang bersifat hidup di muka bumi ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Sehingga ketiga jenis tersebutlah yang akan dikaji dan dipelajari dalam biologi.

Menurut KBBI, biologi mempunyai arti ilmu mengenai berbagai keadaan dan sifat dari makhluk hidup. Tentunya arti dati kata biologi tersebut masih belum lengkap, sehingga perlu adanya pengertian biologi secara istilah.

Pengertian Biologi secara Istilah

Pengertian biologi secara istilah adalah suatu cabang ilmu dalam sains yang mempelajari tentang berbagai hal yang berkaitan dengan makhluk hidup, mulai dari keadaanya hingga berbagai sifat yang dimiliki.

Apa itu Sains | Pengertian Saintek

Biologi mengkaji seputar makhluk hidup (hayati) yang pastinya memiliki berbagai keanekaragaman atau biasa disebut keanekaragaman hayati.

Baca: Apa itu Keanekaragaman Hayati?

Pengertian biologi secara istilah tersebut masih pengertian secara umum, artinya untuk bisa membantu melengkapi pemahaman kita mengenai biologi perlu sekali untuk mengetahui berbagi pendapat para ahli dibidang biologi ini.

Sejarah Biologi

sejarah biologi

Kata ‘biologi’ berasal dari bahasa Yunani βίος yang mempunyai arti “kehidupan” dan λογία yang artinya “ilmu”.

Pada awalnya bentuk latin dari kedua bahasa Yunani biologi diatas dapa ditemukan pada buku dengan judul Bibliotheca botanica karya Linnaeus (Carl von Linné) pada tahun 1736 yang isinya membahas tentang botani.

Kemudian kata tersebut dipakai kembali pada buku yang berjudul Philosophiae naturalis sive physicae: tomus III, continens geologian, biologian, phytologian generalis yang ditulis oleh Michael Christoph Hanov tepatnya 30 tahun setelah kemunculannya sebagai sejarah biologi pertama kali yaitu pada sekitar tahun 1766.

Sejarah biologi mencatat bahwa ilmuan Islam yang mempelajari biologi pada abad pertengahan adalah Al-Jahiz Ad-Dinawari (penulis botani), dan Ar-Razi (penulis anatomi dan fisiologi).
Baca juga: Mengenal Al-Jahiz, Ahli Zoologi Abad Pertengahan (Republika.co.id)

Pada zaman abad ke-19 kemajuan mikroskop sangat berpengaruh terhadap sejarah biologi, karena para ilmuan mulai meyakini bahwa konsep sel pada kemajuan biologi sangat penting, karena sel dianggap sebagai dasar dari terbentuknya suatu organisme.

Sehingga pentingnya peran mikroskop dalam meneliti berbagai sel yang ada pada makhluk hidup, dan tidak lama berselang munculah teori sel dan berbagai teori lainnya.

Pengertian Biologi menurut Para Ahli

Terdapat berbagai pengertian biologi menurut ahli, berikut pengertian biologi menurut para ahli.

1. Rikky Firmansyah

Menurut rikyy firmansyah biologi adalah suatu ilmu pengetahuan makhluk hidup dan juga kehidupannya.

2. Deswaty Furqonita & M. Biomed

Menurut Deswanty dan M biomed biologi adalah pembelajaran ilmu yang didalamnya mempelajari serta mengkaji berbagai hal yang ada kaitannya dengan makhluk hidup beserta kehidupannya.

3. CAMPBELL, REECE, MITCHELL

Biologi adalah ilmu yang tersulit dari semua bidang ilmu dalam sains. Hal tersebut disebabkan  karena sistem yang ada pada mahluk hidup sangat-sangat kompleks dan sebagian lagi karena Biologi adalah ilmu multidisipliner (gabungan beberapa disiplin ilmu) yang berkaitan dengan berbagai pengetahuan lainnya seperti Kimia, Fisika, dan Matematika.

4. Oman Karmana

Biologi merupakan bidang ilmu yang bisa menunjang berbagai macam ilmu yang lainnya dalam peranannya untuk memecahkan suatu permasalahan yang terjadi.

5. Wijaya Jati

Biologi merupakan sains tentang makhluk hidup. Sehingga biologi menitik beratkan pada berbagai kajian ilmu yang berkaitan dengan makhluk hidup.

Manfaat-Manfaat Biologi

Pada dasarnya berbagai ilmu yang ada didunia ini pasti memiliki manfaat dalam mempelajarinya, termasuk ilmu biologi. Berikut beberapa manfaat biologi berdasarkan bidangnya.

1. Petanian

Biologi mempunyai manfaat yang besar dalam bidang pertanian karena bisa menghasilkan bibit unggul tanaman yang mana hasilnya nanti akan dibudidayakan hingga pada akhirnya masuk ke tahap produksi.

Hasil dari produksi tanaman yang telah dibudidayakan tersebut dapat kita rasakan, misalnya pada buah, sayuran dan lain sebagainya.

2. Peternakan

Biologi berperan penting dalam bidang peternakan, salah satunya adalah untuk membantu memproduksi berbagai bibit unggul pada hewan melalui suatu proses yang kita kenal dengan hibridasi.

Apa itu hibridasi?, pengertian hibridasi adalah cara untuk bisa mendapatkan suatu organisme baru yang unggul. Cara yang digunakan pada proses hibridasi adalah dengan mengawinkan dua organisme (hewan/tanaman) yang berbeda secara varietas. Sehingga dapat menghasilkan organisme baru yang lebih unggul.

3. Perikanan

Selain pada bidang peternakan biologi juga berperan penting dalam bidang perikanan, salah satunya adalah pelestarian sumber daya laut. Cabang ilmu biologi yang digunakan pada bidang perikanan adalah Ekologi.

Pada bidang perikanan ekologi memudahkann kita untuk menemukan berbagai tempat yang cocok untuk pembudidayaan ikan, sehingga kita akan mendapatkan hasil ikan yang berkualitas.

4. Kedokteran

Selain perikanan, manfaat biologi lainnya juga ada pada dunia kedokteran. Contohnya pada proses bayi tabung, dimana salah satu fungsi utamanya adalah untuk membantu para ibu yang sulit mempunyai momongan (keuturunan).

5. Kesehatan

Kesehatan merupakan faktor penting penunjang kelancaran hidup seseorang. Tapi tahukah Anda, bahwa biologi juga berperan didalamnya.

Salah satu manfaat biologi dalam kesehatan adalah untuk mempelajari berbagai macam struktur tubuh kita. Cabang ilmu biologi yang mempelajari berbagai struktur tubuh disebut Ilmu Anatomi Tubuh.

Selain itu ada juga cabang ilmu dalam biologi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan, misalnya fisiologi. Fisiologi merupakan bagian dari ilmu biologi yang mempelajari bentuk dan fungsi tubuh suatu makhluk hidup.

6. Farmasi (Obat-Obatan)

Adanya kemajuan dibidang teknologi tidak lepas dari peran ilmu biologi didalamnya. Salah satu manfaat biologi di bidang farmasi adalah membantu dalam proses pembuatan obat-obatan, antibiotik, maupun vaksin.

7. Lingkungan

Manfaat biologi dalam bidang lingkungan adalah sebagai pemberi pemahaman dan kesadaran bagi kita bahwa menjaga lingkungan sekitar merupakan hal yang penting.

Karena keadaan lingkungan akan mempengaruhi berbagai habitat makhluk hidup didalamnya.

8. Energi

Salah satu manfaat biologi pada bidang energi adalah sebagai pengetahuan untuk mencai berbagai sumber energi alternatif, contohnya biodiesel dan biogas.

9. Bioteknologi

Manfaat biologi dalam bidang ilmu adalah untuk membantu jalannya proses kultur jaringan dan rekayasa genetika pada tanaman.

Proses rekayasa genetika dilakukan proses manipulasi (modifikasi) dari gen. Sehingga akan menghasilkan organisme baru yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan organisme yang ada sebelumnya.

10. Industri

Pada bidang ini biologi berperan penting pada industri makanan dan obat. Biologi pada bidang industri makanan contohnya, digunakan sebagai pemanfaatan dari bakteri baik untuk bisa menghasilkan makanan hasil fermentasi yang dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi.

Selain itu biologi juga berperan membantu manusia untuk menghasilkan vaksin dan antibiotik yang berasal dari pemanfaatan virus, fungsinya adalah untuk membantu proses penyembuhan penyakit oleh bakteri.

Cabang-Cabang Ilmu Biologi

  1. Zoologi, yaitu Ilmu tentang hewan
  2. Mikrobiologi, yaitu Ilmu tentang mikroorganisme;
  3. Bakteriologi, yaitu ilmu tentang bakteri;
  4. Virologi, yaitu ilmu tentang virus;
  5. Mikologi, yaitu Ilmu tentang jamur;
  6. Ikhtiologi; yaitu ilmu tentang ikan;
  7. Ornitologi, yaitu Ilmu tentang burung;
  8. Sitologi, yaitu Ilmu tentang se;
  9. Morfologi, yaitu ilmu tentang bentuk atau ciri luar makhluk hidup;
  10. Embriologi, yaitu Ilmu tentang pembentukan dan perkembangan embrio termasuk kelainannya;
  11. Patologi, yaitu ilmu tentang penyakit pada makhluk hidup;
  12. Fisiologi, yaitu Ilmu tentang fungsi kerja tubuh;
  13. Anatomi, yaitu Ilmu tentang bagian-bagian tubuh;
  14. Evolusi, yaitu ilmu tentang perubahan populasi makhluk hidup dalam jangka waktu yang lama;
  15. Genetika, yaitu ilmu tentang pewarisan sifat;
  16. Ekologi, yaitu Ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya;
  17. Etologi, yaitu Ilmu tentang perilaku dan cara hidup hewan.

Demikian penjelasan tentang pengertian biologi, sejarah biologi dan berbagai penjelasan lainnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan.