Pengertian Fisika

1 min read

Baground Pengertian Fisika

Fisika merupakan salah satu cabang dari ilmu sains (IPA) yang biasanya banyak dianggap sulit dan membosankan, namun apa yang dimaksud dengan fisika?. Pada kesempatan ini kita akan membahas seputar apa itu fisika, baik pengertian fisika menurut bahasa maupun pengertian fisika menurut para ahli, tujuan fisika dan berbagai penjelasan lainnya.

[joli-toc]

Pengertian Fisika secara Bahasa

Untuk bisa memahami arti dari suatu kata maka penting untuk mengenal arti dari kata tersebut. Misalnya kata fisika ini, secara bahasa kata fisika diambil dari beberapa bahasa baik Yunani (φυσικός (fysikós) maupun bahasa Inggris (physic), dimana menurut bahasa fisika artinya adalah alam.

Sehingga jika disimpulkan berdasarkan posisinya sebagai ilmu pengetahuan maka pengertian dari fisika secara bahasa adalah ilmu alam.

Pengertian Fisika secara Istilah

Secara istilah ilmu fisika adalah suatu cabang ilmu dalam sains yang mempelajari berbagai sifat dan fenomena alam (gejala alam) beserta berbagai informasi yang terjadi didalamnya.

APA ITU SAINS ?

Fisika menggunakan beberapa proses dalam mempelajari fenomena (gejala alam) yang terjadi yaitu dimulai dari pengamatan (observasi), pengukuran, analisis, dan menarik kesimpulan. Sehingga ilmu ini mempunyai proses yang lama serta spesifik, akan tetapi proses tersebut menghasilkan berbagai data yang  akurat dan dapat dibuktikan.

Pada dasarnya fisika dapat didefinisikan sebagai studi tentang materi, gerak dan energi. (Physic - Britannica.Com)

Fisika sendiri umumnya dapat dengan mudah ditemui pada mata pelajaran sekolah baik SD, SMP, SMA dan lain sebagainya. Pada mata pelajaran fisika masuk kedalam kategori IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) karena ilmu ini berperan penting dalam mempelajari objek yang berkaitan dengan fenomena alam.

Pengertian Fisika menurut Para Ahli

1. Ensiklopedia

Menurut Ensiklopedia, fisika adalah studi yang didalamnya mempelajari berbagai benda dan gerakannya serta manfaatnya bagi kehidupan manusia.

2. Bambang Ruwanto

Bambang ruwanto berpendapat bahwa fisika merupakan ilmu dasar atau sains, selain itu fisika juga termasuk ilmu yang fundamental (bersifat mendasar).

3. Young, Hough D

Pengertian biologi menurut ahli bernama Young, Hough D, fisika adalah salah satu studi dari berbagai ilmu pengetahuan yang sangat dasar.

4. Gerthsen (1958)

Menurut pendapat gerthsen fisika merupakan suatu teori yang menjelaskan berbagai gejala alam dengan sesederhana mungkin dan berusaha untuk mendapatkan hubungan antar berbagai kenyataan yang ada didalamnya. Permasalahan yang mendasar dalam memecahakn persoalan tersebut ialah dengan cara mengamati gejala-gejalanya.

5. Dahman (1997)

Pengertian fisika menurut ahli bernama Dahman, fisika merupakan sebagian dari suatu uraian yang bersifat tertutup mengenai berbagai kejadian fisik yang  didasarkan pada beberapa hokum dasar yang ada.

6. KBBI

Menurut KBBI pengertian fisika adalah suatu ilmu tentang zat dan energi misalnya panas, cahaya, bunyi dan lain sebagainya.

Tujuan Mempelajari Fisika

Berikut ini beberapa tujuan dari mempelajari fisika diantaranya:

  1. Melatih otak untuk dapat berfikir secara masuk akal (logis)
  2. Mengenal dan menjelaskan berbagai fenomena alam yang terjadi
  3. Mengikuti trend perkembangan teknologi
  4. Sebagai riset untuk kehidupan di masa depan
  5. Melatih cara berfikir
  6. Meningkatkan karir
  7. Mengenal berbagai dasar benda beserta interaksi didalamnya.

Cabang-Cabang Ilmu Fisika

Berikut beberapa cabang ilmu fisika:

  1. Mekanika
  2. Fisika kuantum
  3. Mekanika Fluida
  4. Elektronika
  5. Termodinamika
  6. Astronomi
  7. Fisika Medis
  8. Optika Geometris

Demikian penjelasan mengenai pengertian fisika, tujuan mempelajari fisika, dan cabang-cabang dari ilmu fisika. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai fisika.