Pengertian Internet

2 min read

Pengertian Internet

Mungkin diantara kita sering mendengar istilah internet, dimana pasti hampir semua orang dari berbagai kalangan pernah mendengarnya. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian internet, pengertian internet menurut para ahli, sejarah internet, manfaat internet dan lain sebagainya.

[joli-toc]

Pengertian Internet

Internet adalah suatu suatu jaringan komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu media dengan media lainnya menggunakan standar sistem global TCP/IP (Transmission Protocol atau Internet Protocol Suite).

TCP/IP merupakan Switching Communication Protocol (Protokol Pertukaran Paket) yang dapat digunakan oleh lebih dari miliaran pengguna yang ada di duna baik menggunakan komputer dan sebagainya.

Baca: Pengertian Komputer, Sejarah, Fungsi dan Jenis

Sehingga tujuan utama dari internet adalah untuk menghubungkan antara satu pengguna dengan pengguna lainnya menggunakan suatu media elektronik tertentu.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Selain pengertian umum, terdapat pengertian internet menurut para ahli, yaitu:

1. Supriyanto

Menurut supriyanto (2006) Internet adalah suatu hubungan yang terjadi antara berbagai jenis komputer dan berbagai jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi serta aplikasi yang berbeda-beda.

Hubungan tersebut memanfaatkan adanya kemajuan perangkat komunikasi seperti telepon (hp) dan satelit yang menggunakan sebauh protocol standar dala melakukan berbagai hubungan komunikasi, yakni TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol).

2. Onno Purbo

Menurut purbo didalam Prihatna pada tahun 2005, pada dasarnya internet adalah suatu media yang digunakan untuk memudahkan (mengefisiensikan) suatu proses komunikasi yang disambungkan melalui berbagai aplikasi seperti Web, VoIP, E-mail dan sebagainya.

3. Oetomo

Menurut pendapat Oetomo (2002) internet merupakan sebuah singkatan dari international network, yang dapat didefinisikan sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar. Jaringan komputer tersebut dapat terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung antara satu sama lainnya.

4. Ramdhani

Menurut Ramdhani (2003) internet adalah suatu sebutan sekumpulan jaringan komputer yang dapat mengubungkan berbagai situs pemerintahan, akademik, organisasi, komersial, hingga perorangan.

5. Harjono

Menurut Harjono (2009) internet adalah kumpulan dari beberapa komputer didunia ini (bisa mencapai jutaaan komputer) yang saling terhubung dan mempunyai koneksi antara satu sama lain.

Untuk dapat saling menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain maka dibutuhkan sebuah media. Media tersebut menggunakan kabel/serat optik, satelit maupun melalui sebuah sambunngan telepon.

6. Drew Heywood

Menurut Heywood (1996) internet adalah sebuah istilah teknologi yang awalnya muncul pada tahun ke 60-an, bertepatan saat DoD (United States Departement of Defense) membutuhkan suatu standar baru dalam melakukan sebuah komunikasi Internetworking.

(Internet working merupakan suatu cara atau proses menghubungkan rangkaian internet beserta berbagai penerapan aturan yang sebelumnya telah disebutkan).

7. Sibero

Menurut Sibero (2011) Internet (Connected Network) adalah suatu jaringan pada komputer yang menghubungkan antara satu komputer secara global (mendunia).

Sejarah Internet

Sejarah Internet

Pada mulanya, bertepatan pada tahun 1960-an, ARPA (American Research Project Agency) atau departemen pertahanan dari Amerika Serikat merintis suatu sistem jaringan yang bernama ARPANET. ARPANET sendiri merupakan asal mula sebelum teknologi internet terbentuk.

Pada tahun 1980-an, internet mulai dipakai oleh kalangan yang masih terbatas dan fungsinya dijalankan dengan cara menghubungkan berbagai universitas populer tdi Amerika Serikat.

Pada tahun 1982 mulai dipublikasikan sebuah kepada public sebuah protocol standar dari TCP/IP  (Transmission Protocol atau internet protocol suite). Pada tahun tersebut domain sudah mulai digunakan sekitar empat tahun setelahnya, yaitu bertepatan pada tahun 1984.

Kemudian pada tahun 1986 mulai didirikan dan dikembangkan NSFNET (National Science Foundation Netwok). NSFNET tersebut mulai menggantikan peran ARPANET sebelumnya sebagai wadah riset yang ada di Amerika Serikat. Setelah itu pada banyak Negara akhirnya mulai dikembangkan dan dihubungkan sebuah jaringan internasional melalui NSFNET.

Pada tahun 1990 APANET mulai diturunkan, akan tetapi hasil internet pengembangannya sendiri masih tetap berkembang terus hingga saat ini.

Pada zaman dahulu informasi yang didapat melalui internet hanya sebatas informasi berbasis teks. Lalu pada tahun 1990, mulai dikembangkan sebuah layanan sejenis berbasis tampilan grafis atau biasa dikenal WWW (World Wide Web) oleh CERN.

Pada tahun 1993, InterNIC pun mulai didirikan sehingga dapat melayani berbagai pendaftaran nama domain yang ada dari publik. Internet mulai masuk ke Negara Indonesia pada tahun 1994.

Manfaat Internet

Berikut beberapa menfaat internet di kehidupan sehari-hari:

  1. Sumber Pengetahuan
  2.  Memudahkan suksesnya bisnis atau usaha
  3. Menghemat Waktu dan Biaya
  4. Memperluas Ruang Relasi
  5. Media Hiburan
  6. Mempermudah komunikasi
  7. Sarana penyimpanan informasi

Dampak Internet di Kehidupan Sehari-hari

Dampak Internet

Berikut beberapa dampak internet di kehidupan sehari-hari:

Dampak Positif Internet

Berikut beberapa dampak positif penggunaan internet:

  1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
  2. Kemudahan Melakuakn Transaksi dalam Bisnis
  3. Kemudahan Mencari Lowongan Pekerjaan
  4. Memudahkan Komunikasi
  5. Sarana Menyelesaikan Tugas atau Masalah

Dampak Negatif

Berikut beberapa dampak negative penggunaan internet:

  1. Cyber Bullying
  2. Kurangnya Komunikasi secara Tatap Muka
  3. Kreativitas berkurang
  4. Membuang-buang waktu
  5. Kurangnya sosiliasi dengan orang sekitar
  6. Mudahnya penyebaran HOAKS
  7. Cyber Crime
  8. Meninggalkan Budaya Asli

Demikian penjelasan mengenai pengertian internet, pengertian internet menurut para ahli, sejarah internet, manfaat internet, dampak negative dan positif internet. Semoga bermanfaat.