Pengertian Kesehatan

2 min read

emotikon senyum

Mungkin diantara kita sering mendengar atau menemukan istilah kesehatan dikehidupan sehari-hari. Pada kesempatan ini kita akan membahas seputar pengertian kesehatan, jenis-jenis kesehatan manusia, manfaat hidup sehat, dan cara menjaga kesehatan tubuh.

[joli-toc]

Pengertian Kesehatan

Kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera atau terbebas dari berbagai gangguan apapun baik dalam bentuk fisik maupun psikis yang dirasakan oleh setiap makhluk hidup. Kesehatan sendiri tidak hanya sejahtera badan saja akan tetapi juga sejahtera jiwa dan juga social sehingga setiap orang dapat menjalani hidup dengan produktif dan ekonomis.

Secara etimologi (kata) sehat artinya adalah terbebas dari berbagai gangguan fisik maupun psikis. Apabila diartikan dari kata dasarnya maka definisi kesehatan merupakan suatu keadaan yang menggambarkan tubuh terbebas dari segala penyakit maupun gangguan psikis dan fisik.

Sedangkan pengertian kesehatan menurut WHO adalah suatu keadaan dimana keadan fisik, mental dan kesejahteraan sosial, bukan hanya terbebas dari penyakit saja.
Source: What is the WHO definition of health?

Untuk dapat hidup sehat maka kita perlu melakukan sebuah pemeliharaan kesehatan. Pemiliharaan kesehatan adalah suatu usaha penanggulangan (pencegahan) dari adanya gangguan kesehatan yang membutuhkan pemeriksaan, pengobatan, maupun perawatan lebih lanjut.

Selain itu, untuk bisa melakukan pemeliharaan kesehatan dengan baik maka kita membutuhkan adanya pendidikan kesehatan agar kita dapat memahami langkah-langkah memelihara kesehatan yang baik dan benar.

Pendidikan kesehatan adalah suatu proses membantu atau menolong seseorang dengan cara melakukan sendiri maupun bersama-sama untuk bisa membuat sebuah keputusan sesuai dengan pengetahuan (sains dan non sains) berkaitan dengan berbagai hal yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Baca: Apa itu Sains? | Pengertian Sains Lengkap dan Mudah

Jenis-Jenis Kesehatan Manusia

Jenis-Jenis Kesehatan

Pada umumnya kesehatan manusia dapat dibagi menajdi 2 jenis, yaitu keseahtan fisik (tubuh) dan kesehatan jiwa (mental).

1. Kesehatan Fisik (Tubuh)

Kesehatan fisik adalah suatu jenis kesehatan yang dinilai berdasarkan keadaan atau kondisi fisik yang dimiliki seseorang. Biasanya istilah kesehatan fisik ini erat kaitannya dengan berbagai masalah yang berkaitan dengan tubuh manusia, misalnya terbebas dari penyakit yang nampak maupun tidak (penyakit dalam atau luar).

Umumnya setiap manusia bisa mendapatkan kesehatan fisik dengan rutin melakukan 3 hal, yaitu olahraga, menjaga pola makan, dan menjaga kesehatan fikiran. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi jauh lebih sehat dan kuat karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu rutin berolahraga juga bisa membuat kita terhindar dari depresi dan dapat mengurangi beban pikiran.

2. Kesehatan Mental (Jiwa)

Kesehatan mental adalah suatu jenis kesehatan yang dinilai berdasarkan kondisi kejiwaan atau mental seseorang. Umumnya istilah kesehatan mental sendiri mempunyai kaitan yang erat dengan berbagai masalah yang berhubungan dengan fikiran, baik itu stress, depresi, dan sebagianya.

Kesehatan mental merupakan kebalikan dari kesehatan fisik, dimana untuk bisa mendapatkan atau merasakannya akan jauh lebih sulit, karena umumnya kesehatan mental didapatkan oleh orang yang mempunyai emosi stabil, jiwa seimbang dan tidak banyak memikirkan suatu permasalahan dalam hidupnya.

Sehingga untuk biasanya yang bisa mendapatkan kesehatan mental adalah orang-orang yang mempunyai tubuh sehat dan hati yang bersih (bersih dari dengki, sirik, dendam dan sebagainya).

Maka dari itu ada ungkapan yang berbunyi “Didalam Tubuh yang Sehat terdapat Jiwa yang Kuat” atau dalam bahasa latin berbunyi “Mens sana in corpore sano”.
Sumber: P2TKP (Pusat Pelayanan Tes dan Konsultasi Psikologi Univ. Sanata Dharma)

Ungkapan tersebut membuktikan bahwa dengan mempunyai kesehatan fisik kita juga bisa mendapatkan kesehatan jiwa (mental).

Baca: Kesehatan Mental (HaloDoc.com)

Manfaat Hidup Sehat

Manfaat Hidup Sehat

Berikut ini beberapa manfaat hidup sehat, yaitu:

  1. Mencegah timbulnya penyakit berbahaya
  2. Meningkatkan energi
  3. Membantu memulihkan mood
  4. Mudah mengontrol emosi
  5. Mampu mengendalikan diri dengan baik
  6. Terhindar dari resiko penuaan dini

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yaitu:

  1. Rutin Olahraga
  2. Pola Makan Teratur
  3. Makan Makanan Bergizi
  4. Minum Air yang Cukup
  5. Tidur dengan Cukup
  6. Menghindari makan makanan cepat saji
  7. Membiasakan cuci tangan pakai sabun
  8. Menjaga berat badan ideal
  9. Tidak memikirkan masalah secara berlebihan
  10. Bebas Finansial

Demikian penjelasan mengenai pengertian kesehatan, jenis-jenis kesehatan, manfaat hidup sehat, dan cara menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *