Pengertian RAM, Fungsi dan Jenis-Jenisnya

2 min read

Gambar RAM

Pengertian RAM dapat diartikan sebagai pendukung utama dalam menjalankan semua aktivitas multitasking. Dari sinilah teknologi informasi ataupun bidang lainnya masih membutuhkan kapasitas RAM cukup besar.

Semakin besar kapasitas RAM, tentu saja akan meperlihatkan kinerja lebih maksimal untuk semua kegiatan pengguna gadget.

Pada satu komponen elektronik mulai dari PC komputer, laptop, dan smartphone sudah memiliki RAM. Komponen RAM dalam satu perangkat canggih biasanya memiliki fungsi utama yang harus bekerja maksimal hingga dapat diandalkan dalam pengelolaan data-data.

Pengertian RAM

Gambar RAM Komputer

Memahami pengertian RAM atau Random Acces Memory memang tidak mudah bila Anda masih belum mengetahui secara lengkap apa fungsinya. RAM sendiri bisa dikatakan sebagai perangkat hardware di satu komputer untuk melakukan penyimpanan data sementara.

Baca Juga: Pengertian Komputer

Kemudian dari semua instruksi program dalam RAM ini membantu pengolahan data lebih cepat. Itulah sebabnya, dari pengaturan tata letak, kemudian beberapa penggunaan komponen di dalamnya memiliki tujuan mempercepat semua proses dan loading di satu perangkat komputer ataupun perangkat lainnya.

1. Berperan Membaca Data

Hingga sekarang penggunaan RAM ini menjadi dasar utama pengolahan data. Proses membaca semua komponen data bisa dikatakan cepat ataupun sebaliknya bila kapasitas RAM cukup tinggi. Kecepatan loading ditentukan dalam aspek-aspek pengertian RAM.

Karena itulah Anda perlu tahu bagaimana kapasitas sebuah RAM yang sebenarnya bisa diperhitungkan sebagai sarana-sarana penting untuk memastikan kualitas perangkat komputer bisa memberi nilai manfaat lebih pasti. Adanya kapasitas RAM besar cukup memudahkan pengguna komputer untuk mengolah semua akses data.

2. Menjadi Tempat Penyimpanan Sementara

Masih dikatakan sebagai salah satu komponen utama penyimpanan data sementara, tentu saja pengertian RAM ini bisa diandalkan sebagai cara-cara tepat untuk melihat semua komponen tempat penyimpanan RAM ini. Menjalankan semua komponen komputer akan selalu bisa memberi akses penyimpanan sementara dengan kualitas terbaik.

Baca Juga: Pengertian Processor dan Cara Kerjanya pada PC

Akan tetapi penggunaan RAM sebagai tempat penyimpanan data sementara ini tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Karena itu, dibutuhkan kapasitas ROM lebih besar untuk membantu kinerja RAM dalam menyimpan semua data di PC komputer Anda.

Jenis RAM Paling Banyak Digunakan Saat Ini

Gambar dua RAM

Berdasarkan beberapa keperluan perangkat RAM sampai detik ini semakin memperlihatkan bagaimana kinerja dari semua cara kerja RAM.

Dalam hal ini jenis-jenis dari setiap RAM meiliki fungsi terbaik. Sampai akhirnya Anda bisa menikmati semua fungsi utama dari semua komponen RAM seperti berikut ini.

1. DDR RAM

Jenis paling banyak digunakan untuk RAM di PC komputer ataupun laptop adalah DDR RAM. DDR menjadi singkatan Double Rate Random Access Memory yang mana memiliki dua generasi yakni DDR 2 dan DDR3. Komponen utama dalam DDR2 ataupun DDR 3 ini menjadi bagain utama dalam pengertian RAM secara menyeluruh.

Baca Juga: Apa itu Hardisk?

Karena itulah jenis DDR RAM ini masih terus memperlihatkan bagaimana kemungkinan kinerja semua perangkat dan akses-akses data PC komputer bisa berjalan lebih baik. Kecepatan pengolahan data dari dua jenis RAM DDR 2 dan DDR 3 hampir sama sehingga dapat Anda akses dengan mudah.

2. RDR RAM

Masih terdapat jenis RDR RAM yang mana menjadi singkatan dari Rambus Dynamic Access Memory. Dari sinilah jenis RDR RAM masih terus diperhitungkan karena terkesan mahal dibandingkan jenis RAM lainnya. Sedangkan untuk pengertian RAM jenis RDR ini mampu memberikan akses pengolahan data cukup cepat terutama pada generasi lama Pentium 4.

Walaupun sekarang sudah ditinggalkan, ternyata RDR RAM ini masih terus menjadi salah satu catatan penting bahwa terdapat satu jenis RAM yang seharusnya bisa diakses dengan bentuk modal terbaik dari semua perangkat PC komputer ataupun laptop yang pernah diproduksi.

3. SD RAM

Penggunaan SD RAM masih terus diperhitungkan sebagai solusi tepat untuk memenuhi kriteria RAM lebih tepat. SD RAM atau menjadi singkatan dari Sychronous Dynamic Random Access Memory menjadi lanjutan dari generasi RAM sebelumnya terdapat dalam pengertian RAM.

Baca Juga: Pengertian Motherboard dan Fungsi Utamanya

Akan tetapi penggunaan SD RAM ini harus melakukan proses sinkronisasi dengan adanya clock system. Maka dari itu penggunaan SD RAM dikatakan lebih baik dibandingkan DRAM. Akan tetapi generasi SD RAM ini dianggap belum cukup mampu mengatasi semua persoalan pengolahan data-data di dalam PC komputer.

4. Dynamic RAM

Disebut sebagai satu modal penting dalam pengolahan data PC komputer yang mana Dynamic RAM menjadi salah satu jenis RAM yang harus disegarkan dalam CPU. Data-data yang ada ataupun dikelola dalam Dynamic RAM harus diakses secara berkala dengan tujuan menjaga kualitas dan keberadaan data di dalamnya tidak hilang sesuai pengertian RAM.

Pemilihan D RAM ini mampu memberi hasil-hasil tepat dalam pengelolaan semua komponen data lebih tepat. Karena itulah pengelolaan semua data-data yang harus tersedia dalam PC komputer semakin mempermudah semua pengolahan semua data dalam PC komputer.

5. S RAM

Jenis S RAM juga menjadi salah satu komponen utama ada di dalam pengertian RAM. S RAM ini memiliki fungsi sama seperti jenis RAM lainnya, akan tetapi dari cara kerjanya lebih cepat dibandingkan SD RAM ataupun D RAM. S RAM bekerja tanpa adanya proses penyegaran sehingga lebih praktis dan akhirnya bisa memberi manfaat secara luas dalam satu perangkat PC komputer.

Cukup penting dalam semua informasi pengertian RAM mampu memperlihatkan bagaimana sistem kerja yang harus Anda pahami. Karena itu RAM sendiri menjadi bagian utama untuk bisa mengetahui bagaimana akses-akses penting yang semuanya berguna untuk pengolahan data penting.