Pernahkah kamu mendengar atau menemukan istilah saintek?. Mungkin diantara kita sering mendengar atau menemukan istilah tersebut, baik di media masa maupun cetak.

Lalu yang jadi pertanyaannya, apa itu saintek? atau apa pengertian saintek? dan berbagai pertanyaan lainnya.

Pengertian Saintek

Saintek adalah sebuah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada suatu kumpulan ilmu pengetahuan alam dan penerapannya dalam kehidupan.

Saintek merupakan singkatan (akronim) dari Sains dan Teknologi. Sehingga saintek bisa didefinisikan sebagai bagian dari ilmu pengetahuan yang fokus mempelajari mengenai proses dan cara kerja alam sebagai tujuannya dalam meningkatkan taraf kehidupan umat manusia.

Menurut WikiPedia,

“Saintek adalah topik yang didalamnya meliputi sains dan teknologi serta interaksi antara keduanya”

Kata saintek umumnya dikenal dengan sebutan ilmu alam atau ilmu pengetahuan alam, sehingga di Indonesia ilmu yang satu ini biasa disingkat menjadi IPA (Ilmu pengetahuan alam).

Didalam bahasa Indonesia sendiri kata saintek biasa dikenal sebagai bagian dari kelompok ujian, baik sbmptn dan lain sebagainya.

Hubungan antara Sains dan Teknologi

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa saintek merupakan singkatan dari sains dan teknologi.

Lalu, apa hubungan antar sains dan teknologi dalam kaitannya dengan kehidupan manusia?

Ilmu sains dalam saintek berperan sebagai alat untuk mempelajari berbagai proses dan cara kerja alam semesta. Sedangkan teknologi berperan sebagai penunjang dalam penerapannya di kehidupan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa saintek merupakan gabungan bahasan topik antara ilmu sains dan teknologi.

Tujuan dari pentingnya penggabungan antara sains dan teknologi adalah untuk meningkatkan taraf kehidupan umat manusia ke arah yang lebih baik.

Sains mencakup berbagai studi yang bersifat sistematis mengenai struktur dan perilaku dunia dan alam. Studi tersebut dilakukan melalui tindakan berupa observasi dan eksperimen.
Sedangkan teknologi adalah penerapan dari pengetahuan ilmiah dengan tujuan untuk memudahkan (mempraktiskan) manusia dalam menerapkan ilmu sains.

Sumber: OxfordReference.com (Science and Technology)

Referensi Oxford menyebutkan bahwa ada lebih dari 210.000 definisi singkat dan entri ensiklopedis spesialis yang mendalam mengenai berbagai mata pelajaran dalam sains.